Oleh: Bukhari Umar
Tujuan pendidikan menurut Langeveld
terdapat beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:
1.Tujuan Umum
Tujuan umum ini sering disebut tujuan akhir, atau
tujuan totalatau tujuan lengkap. Tujuan umum berarti tujuan total atau
tujuan yang lengkap yaitutujuan yang pada akhirnya akan dicapai oleh pendidik
terhadapanak didik yaitu terwujudnya kedewasaan jasmani dan rohani.(Barnadib,
1989)
Menurut Kohnstamm dan Gunning, tujuan akhir pendidikan
ituialah membentuk insan kamil atau manusia sempurna. (Amir Daien,1973)Dengan
demikian tujuan umum/akhir pendidikan ialahmembentuk insan kamil yaitu manusia
yang dewasa jasmani danrohaninya baik secara moral, intelektual, sosial,
estesis, agama danlain sebagainya.
2.Tujuan Khusus
Tujuan ini merupakan pengkhususan dari pada
tujuan umum,karena untuk menuju kepada tujuan umum itu perlu adanyapengkhususan
tujuan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasitertentu, misalnya
disesuaikan dengan: a.Cita-cita pembangunan suatu masyarakat/ bangsa.b.Tugas
suatu badan atau lembaga pendidikan. c.Bakat dan kemampuan anak didik. d.Kesanggupan-kesanggupan
yang ada pada pendidik. e. Tingkat pendidikan, dan sebagainya. (Umar
Tirtaraharja, dkk, 2005:38-39).
3.Tujuan Insidental/Seketika
Tujuan ini disebut tujuan seketika/insidental
karena tujuan initimbul secara kebetulan, secara mendadak dan hanya
bersifatsesaat. Tujuan seketika ini meskipun hanya sesaat dapat
memberikanandil dalam pencapaian tujuan selanjutnya, karena melalui
tujuan-tujuan seperti ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalamanlangsung
yang erat hubungannya dengan kehidupannya nanti dimasa yang akan datang.
4.Tujuan Sementara
Tujuan sementara adalah tujuan pendidikan
yang dicapai si anakpada tiap fase perkembangan. Agar tujuan sementara ini
dapattercapai dengan sebaik-baiknya maka pendidik harus mengetahuimasa peka
yaitu masa dimana anak masanya/matang untukmempelajari sesuatu yang akan
dicapai dengan tujuan tersebut.
5.Tujuan Tidak Lengkap
Tujuan ini erat hubungannya dengan
aspek-aspek pendidikanyang akan membentuk aspek-aspek kepribadian manusia,
sepertimisalnya aspek-aspek pendidikan yaitu kecerdasan, moral,
sosial,keagamaan, estetika, dan sebagainya.
6.Tujuan Perantara/Intermedier
Tujuan perantara ini merupakan alat atau
sarana untukmencapai tujuan-tujuan yang lain.Keenam tujuan tersebut menurut
Langeveld intinya dapatdisederhanakan menjadi satu macam saja, yaitu “tujuan
umum”dimana semua tujuan-tujuan (kelima tujuan yang lainnya) diarahkanuntuk
pencapaian tujuan umum pendidikan yaitu terbentuknyakehidupan sebagai insan
kamil, sutu kehidupan dimana ketiga intihakikat manusia baik sebagai makhluk
individu, makhluk sosial danmakhluk susila/religious dapat terwujud secara
harmonis.
Daftar Bacaan:
Barnadib,Sutari Imam, Pengantar Ilmu Pendidikan
Sistematis, Yogyakarta: Fip Ikip, 1987
Indrakusuma, Amir Daien, Pengantar ilinu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional,
1973.
Umar Tirtarahardja, Pengantar Pendidikan
(Edisi Revisi), Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Hasbullah, Dasar-dasar
Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar